Home » » PILAR GURU PROFESIONAL DALAM TUGAS KEPENDIDIKAN

PILAR GURU PROFESIONAL DALAM TUGAS KEPENDIDIKAN

Written By Unknown on Jumat, 06 April 2012 | 21.10.00


Guru ( pendidik ) adalah  orang yang mampu melaksanakan tindakan mendidik dalam satu situasi pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan. Individu tersebut adalah orang dewasa yang bertanggung jawab, sehat jasmani dan rohani, mampu berdiri sendiri, dan mampu menanggung resiko dari segala perbuatannya. Selain itu ia juga harus jujur, sabar, bersusila, ahli, terampil, terbuka, adil, memiliki cakrawala, atau pandangan yang luas dan memiliki rasa kasih sayang.

Anak didik adalah individu yang sedang tumbuh dan berkembang. Tiap individu memerlukan bantuan dari orang lain (pendidik) untuk membimbing pertumbuhan dan perkembangannya sesuai dengan tahap perkembangan anak (development task), sehingga terjadi perbedaan individual.

Tiga pilar utama yang menunjukkan bahwa guru telah bekerja secara professional dalam melaksanakan tugas kependidikan adalah menguasai materi pembelajaran, profesional dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa, dan berkepribadian matang.

Tiga pilar tersebut saling terkait dan mendukung satu sama lain untuk meningkatkan kinerja pembelajaran. Kinerja pembelajaran menentukan tingkat keberhasilan dan kesesuaian hasil belajar siswa dengan tujuan yang telah ditentukan. Sedangkan tingkat keberhasilan dan kesesuaian hasil belajar siswa dengan tujuan sangat dipengaruhi oleh kinerja guru.

Seiring dengan berjalannya waktu, kemampuan guru dalam penguasaan materi pembelajaran, penyampaian materi pembelajaran, dan kepribadiannya diharapkan semakin meningkat, sehingga mampu membangun suasana pembelajaran yang produktif, kreatif, dan inovatif, yakni suatu pembelajaran yang mampu meningkatkan mutu lulusan. Oleh karena itu, kemampuan didaktik menjadi titik sentral peningkatan pembelajaran dan perlu teus dikembangkaan secara professional.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. WEBSITE RESMI AKSELERASI SMA NEGERI 2 PAREPARE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger