Home » , , » Kegiatan Ekstrakurikuler sebagai Penyalur Bakat & Minat Siswa

Kegiatan Ekstrakurikuler sebagai Penyalur Bakat & Minat Siswa

Written By Unknown on Minggu, 23 September 2012 | 19.09.00


Ekstrakurikuler atau yang sering dikenal dengan sebutan ekskul, merupakan kegiatan penunjang belajar siswa di luar kegiatan akademiknya di lingkungan sekolah. Kegiatan Ekstrakurikuler di sekolah-sekolah menjadi wadah bagi siswa untuk mengembangkan diri mereka dalam meningkatkan kemampuan atau keterampilan diberbagai bidang sesuai dengan masing-masing minat dan bakat siswa.
Di Indonesia kegiatan ekstrakurikuler bukanlah sesuatu yang baru. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak lama. Mulai dari tingkat sekolah dasar, menengah, dan kini sudah banyak pula berkembang di tingkat perguruan tinggi, yang pada mulanya hanya ada satu kegiatan tetapi kini dapat kita saksikan di sekolah-sekolah kegiatan ekstrakurikuler sudah sangat variatif jenisnya, mulai bidang keagamaan, keterampilan, bela diri, seni, karya ilmiah, cinta alam, hingga yang sifatnya pengembangan kemampuan kepemimpinan (leadership), seperti Paskibra dan Pramuka. Sehingga, siswa diberi kebebasan di dalam memilih kegiatan di luar jam pelajaran sesuai kesukaan dan kemampuannya masing-masing, tanpa unsur paksaan dari pihak manapun.
                Kegiatan ini telah diterapkan SMA Negeri 2 Parepare sebagai ajang pengembangan bakat dan minat siswa. Berbagai kegiatan disuguhkan kepada masing-masing siswa untuk dipilih sesuai dengan keinginnannya sendiri agar bakat yang Ia miliki dapat dikembangkan semaksimal mungkin. Misalnya saja, Pramuka, Paskibra, PMR, dll telah menjadi kegiatan yang cukup berperan penting dalam mengembangkan potensi yang dimiliki siswa yang memilih kegiatan tersebut. Pelaksanaannya pun tidak mengganggu jam pelajaran Akademik dipagi hari karena kegiatan ini di laksanakan pada sore hari setiap harinya dengan bidang yang berbeda-beda. Uniknya lagi, SMA Negeri 2 Parepare menjadikan kegiatan ini sebagai kegiatan wajib yang harus diikuti oleh setiap siswa karena kegiatan ini termasuk dalam penilaian yang menentukan naik tidaknya siswa tersebut ke tingkatan berikutnya.
Hasilnya pun tidak diragukan lagi, baru-baru ini beberapa siswa SMA Negeri 2 Parepare yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler disekolah dapat menjadi kebanggaan tersendiri karena mampu mengharumkan nama sekolah di tingkat kota/kab. Contohnya saja, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka  (PASKIBRAKA) tingkat kota tahun ini didominasi oleh siswa SMA Negeri 2 Parepare tentunya ini menjadi motivasi tersendiri bagi siswa lain untuk memahami betapa pentingnya mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah. (MUBRI/14/09)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. WEBSITE RESMI AKSELERASI SMA NEGERI 2 PAREPARE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger