Home » » 10 Hal Yang Harus Disiapkan Guru Setelah Libur Panjang,

10 Hal Yang Harus Disiapkan Guru Setelah Libur Panjang,

Written By Kaharuddin Syam on Selasa, 12 Agustus 2014 | 21.05.00


10 Hal Yang Harus Disiapkan Guru Setelah Libur Panjang
  1. Siapkan mental anda, bahwa 12 bulan kedepan anda akan menemui banyak hal seputar pekerjaan anda, dan ini biasa saja sebenarnya.
  2. Siapkan administrasi mengajar anda, ini wajib hukumnya, tapi jangan jadikan beban toh ini juga sebenarnya merupakan hal yang biasa anda temui setiap tahunnya.
  3. Siapkan media pembelajaran terbaik anda, itungannya begini, kalau anda mengajar satu mata pelajaran, berapa jumlah mengajar epektif anda? Misalnya 16 jam dalam satu mid semester, maka siapkan 16 media pembelajaran tersebut. Pada praktiknya anda tidak akan menggunakan semua media pembelajaran tersebut, tapi menyiapkannya akan lebih baik untuk anda dan siswa anda.
  4. Siapkan aneka games dan cerita menarik untuk mendukung kegiatan mengajar anda. Itung-itungannya sama seperti menyiapkan media pembelajaran.  Kalau jam epektifnya 16, maka siapkan 16 games dan cerita menarik tersebut.
  5. Siapkan soal latihan, soal uts, dan aneka soal lainnya.
  6. Siapkan portofolio modul, dan panduan praktik lainnya. Ini juga penting, karena pada kurikulum 2013 ini siswa akan lebih banyak dilibatkan dalam berbagai praktik.
  7. Siapkan berbagai jenis aplikasi untuk mendukung KBM anda, aplikasi-aplikasi ini bisa anda dapatkan gratis sesuai kebutuhan anda. Kalau punya rejeki lebih tak ada salahnya untuk membeli aplikasi yang memang sesuai.
  8. Siapkan kelompok siswa sedari sekarang, walaupun ini bisa dilakukan secara spontan, atau biasanya sudah disiapkan oleh wali kelas, tapi tak ada salahnya anda menyiapkannya.
  9. Siapkan list rencana projek anda bersama siswa. Pembuatan lis projek ini mesti disesuaikan dengan KD mapel anda.
  10. Siapkan agenda lomba, uji kemampuan siswa, atau publikasi prestasi siswa sesuai mapel anda. Ini juga agian penting yang kadang dilupakan guru.

Nah, kira-kira itu 10 Hal Yang Harus Disiapkan Guru Setelah Libur Panjang, walaupun saya yakin masih banyak lagi hal lainnya yang perlu disiapkan dari sekarang. Ingat, semakin anda siap maka semakin mudah anda dalam mengajar dan mengorganisisr KBM anda.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. WEBSITE RESMI AKSELERASI SMA NEGERI 2 PAREPARE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger