Home » » Info Tentang Kelas Akselerasi

Info Tentang Kelas Akselerasi

Written By Unknown on Sabtu, 29 Oktober 2011 | 15.22.00

Logo Kelas Akselerasi SMA Negeri 2 Parepare

A. LATAR BELAKANG

SMA Negeri 2 Parepare berdiri pada tahun 1978. Dalam kiprahnya selama 33 tahun, lembaga ini telah mampu bersaing untuk mencetak generasi yang sukses bukan hanya dalam bidang pemerintahan tetapi juga dalam bidang usaha/bisnis baik berskala regional maupun nasional bahkan berskala internasional.
Dalam upaya mewujudkan Kota Parepare sebagai Kota Pendidikan, Pemerintah Kota mengamanahkan kepada SMA Negeri 2 Parepare untuk membuka program baru yang disebut “Program Akselerasi” yang akan dimulai pada Tahun Ajaran 2011/2012.
Program akselerasi (percepatan belajar) adalah program layanan pendidikan bagi siswa memiliki kecerdasan dan bakat istimewa (CI dan BI). Program ini ditempuh selama dua tahun, lebih singkat satu tahun daripada kelas reguler yang ditempuh selama tiga tahun.
Dalam konsep akselerasi, yang dipercepat bukanlah kemampuan intelektual anak, melainkan stimulasi belajar yang disesuaikan dengan perkembangan kognitif-nya. Feldhusen (1989) dan Colangelo, dkk (2004) menekankan bahwa kurikulum dalam akselerasi disesuaikan dengan kemampuan dan kesiapan belajar siswa. Hal itu juga disepakati oleh Smutny, Walker, dan Meckstroth (2007) yang menyatakan bahwa makna akselerasi lebih terkait dengan melakukan penyesuaian atau memasangkan proses pembelajaran dengan kebutuhan siswa. Prosesnya berupa berespons terhadap tempo dan belajar siswa CI pada saat mereka beralih atau berganti antar kegiatan belajar atau dalam suatu kegiatan belajar atau dalam suatu mata pelajaran.
Kurikulum program akselerasi adalah kurikulum nasional dan muatan lokal yang dimodifikasi dengan penekanan pada materi esensial dan dikembangkan melalui sistem pembelajaran yang dapat memacu dan mewadahi integrasi antara pengembangan spiritual, logika, etika, dan estetika, serta dapat mengembangkan kemampuan belajar holistik, kreatif dan sistematis untuk memenuhi tuntutan masa kini dan masa mendatang.


B. TUJUAN AKSELERASI

Akselerasi sebagai salah satu pendekatan yang dilakukan untuk membantu siswa CI mengembangkan potensinya secara optimal bertujuan:
  1. Menyesuaikan kecepatan pemelajaran dengan kemampuan siswa.
  2. Memberikan tantangan belajar pada tingkatnya yang sesuai untuk menghindari kejenuhan belajar akibat dari pembelajaran yang diulang-ulang.
  3. Memenuhi Hak Asasi peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan bagi dirinya sendiri.
  4. Memenuhi minat intelektual dan perspektif masa depan peserta didik.
  5. Memenuhi kebutuhan aktualisasi diri peserta didik.
  6. Menimbang peran serta peserta didik sebagai aset masyarakat dan kebutuhan masyarakat untuk pengisian peran.
  7. Menyiapkan peserta didik sebagai pemimpin masa depan.
  8. Memberikan penghargaan untuk dapat menyelesaikan program pendidikan lebih cepat.
  9. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses pembelajaran peserta didik.
  10. Memacu mutu siswa untuk peningkatan kecerdasan spiritual, intelektual, dan emosionalnya secara berimbang.

C. PROSES SELEKSI/REKRUITMEN


Mulai Tahun Ajaran 2011/2012 SMA Negeri 2 Parepare akan membuka tiga program, yaitu:
  1. Kelas Unggulan. Calon siswa diseleksi melalui Nilai Rapor semester 1-5, nilai rata-rata seluruh mata pelajaran tidak kurang dari 7,5.
  2. Kelas Akselerasi (1 kelas). Calon siswa yang memenuhi kriteria nomor 1 di atas dapat mengikuti seleksi masuk kelas akselerasi melalui persetujuan orang tua calon siswa dengan mengikuti TES PSIKOLOGIS yang pelaksanaannya akan ditentukan kemudian. Calon siswa yang diterima adalah yang memiliki kemampuan intelektual umum dengan kategori cerdas (IQ > 130). 
  3. Kelas Reguler. Calon siswa diseleksi pada PSCB gelombang kedua, bagi siswa yang tidak terjaring di kelas Akselerasi atau kelas Unggulan, dapat langsung masuk ke kelas Reguler.

D. PERSYARATAN

Persyaratan untuk mengambil formulir di SMA Negeri 2 Parepare, yaitu:

  1. Lulusan SMP/sederajat.
  2. Nilai Ujian Nasional dengan rata-rata 7,0.
  3. Lulus Ujian Masuk dengan rata-rata 7,0.
  4. Foto copy sertifikat/Piagam Penghargaan (bila ada).
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. WEBSITE RESMI AKSELERASI SMA NEGERI 2 PAREPARE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger